• stratifikasi sosial, yaitu : sistem pelapisan dalam kehidupan masyarakat, yang dipandang secara vertikal. Secara ekonomis dapat disebut sebagai klasifikasi sosial ( sistem kelas ) : 1. Upper class

                                         2. Middle class

                                         3. Lower class

  • Lembaga sosial adalah : seperangkat aturan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan hidup tertentu individu dalam kehidupan masyarakat.

    Menurut Prof.DR.Koentjoroningrat, ada 8 ( delapan ) lembaga sosial ( social institution ), antara lain :

    1.Kinship ( domestic institution )

    2.Political institution

    3.Educational institution

    4.Economic institution

    5.Religious institution

    6.Aesthetic and Recreational institutioin

    7.Scientific institution

    8.Somatic institution

  • Sosialisasi adalah proses belajar bermasyarakat, belajar mengenal dan memahami sistem nilai dan norma sosial yang berlaku.

    Sosialisasi ada 2 ( dua ) macam, yaitu :

    1. Sosialisasi primer ( terjadi di lingkungan keluarga inti )

    2. Sosialisasi sekunder ( di sekolah dan di masyarakat )

  • Slide 9 .O {color:black; font-size:149%;} a:link {color:#00B200 !important;} a:active {color:black !important;} a:visited {color:#703DFF !important;}

    a)Dilihat dari tingkat sanksinya
    1 Usage (tata cara)
    usage merupakan norma yang menunjukan kepada suatu bentuk perbuatan dengan sanksi paling ringan.
    contoh pelanggarannya:
    bersendawa saat makan atau membuang ludah sembarangan.
    bila norma ini dilanggar maka akan mendapat celaan atau dinyatakan tidak sopan.
    2.Folkways (kebiasaan)
    folkways merupakan cara-cara bertindak yang dogemari oleh masyarakat sehingga dilakukan berulang-ulang dengan tingkat hukuman yang lebih berat dari usage.
    contoh pelanggarannya:
    membuang sampah sembarangan atau tidak memberikan salam pada orang lain ketika bertemu
    bila norma ini dilanggar akan mendapat teguran, siriran, dan digunjingkan
  • Slide 4 .O {color:black; font-size:149%;} a:link {color:#00B200 !important;} a:active {color:black !important;} a:visited {color:#703DFF !important;}

    a.Kimbal Young: nilai sosial adalah asumsi abstrak dan sering tidak disadari tentang apa yang benar dan apa yang penting.
    b.A.W. Green: nilai sosial adalah kesadaran yang secara relatif berlangsung disertai emosi terhadap objek.
    c.Woods:  nilai sosial merupakan petunjuk-petunjuk umum yang telah berlangsung lama yang mengarahkan tingkah laku dan kepuasan dalam kehidupan sehari-hari.
    Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai sosial adalah penghargaan yang diberikan masyarakat dengan suatu bentuk yang baik, penting, pantas, serta mempunyai daya guna fungsional bagi perkembangan dan kebaikan hidup bersama.
  • •Faktor yang menyebabkan terjadinya konflik :
    ØPerbedaan antar individu
    ØPerbedaan kebudayaan
    ØPerbedaan kepentingan antar individu maupun antar kelompok
    ØPerubahan sosial yang demikian cepat yang mengganggu keseimbangan sistem nilai atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
  • ¨     Arti kata modernisasi dengan kata dasar modern berasal dari bahasa Latin modernus yang dibentuk dari kata modo dan ernus. Modo berarti cara dan ernus menunjuk pada adanya periode waktu masa kini.

    ¨     Modernisasi berarti proses menuju masa kini atau proses menuju masyarakat yang modern. Modernisasi dapat pula berarti perubahan dari masyarakat tradisional menuju masyarakat yang modern. Jadi, modernisasi merupakan suatu proses perubahan di mana masyarakat yang sedang memperbaharui dirinya berusaha mendapatkan ciri-ciri atau karakteristik yang dimiliki masyarakat modern.

     

    ¨     Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya popular, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain.

    ¨     Cochrane dan Pain berpendapat bahwa sebuah globalisasi, yakni munculnya sebuah sistem ekonomi dan budaya global yang membuat manusia di seluruh dunia menjadi sebuah masyarakat tunggal yang global.

  • Memahami Bentuk-bentuk Interaksi Sosial

Skip Navigation

Navigation